MAKALAH
DASAR-DASAR EVALUASI
PENDIDIKAN
DOSEN
MATA KULIAH
Dr. Bistari, M.Pd
DISUSUN
OLEH
Riandini Rianita F1081191002
Muhammad Ridho Hakiki F1081191004
Rani Annisa F1081191006
Yurti F1081191010
Beti Rahayu F1081191016
Rahmatullah Ananda Putra F1081191024
KELAS 4B
REGULER
PENDIDIKAN
GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
TANJUNGPURA
2021
BAB I PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Evaluasi dalam pendidikan merupakan salah satu komponen yang tak kalah penting dengan proses pembelajaran. Ketika proses pembelajaran dipandang sebagai proses perubahan tingkah laku siswa, peran evaluasi proses pembelajaran menjadi sangat penting. Evaluasi merupakan suatu proses untuk mengumpulkan, menganalisa dan menginterpretasi informasi untuk mengetahui tingkat pencapaian tujuan pembelajaran oleh peseta didik. Sistem evaluasi yang baik akan mampu memberikan gambaran tentang kualitas pembelajaran sehingga pada gilirannya akan mampu membantu pengajar merencanakan strategi pembelajaran. Bagi peserta didik sendiri, sistem evaluasi yang baik akan mampu memberikan motivasi untuk selalu meningkatkan kemampuannya. Dalam setiap pembelajaran, pendidik harus berusaha mengetahui hasil dari proses pembelajaran yang ia lakukan. Hasil yang dimaksud adalah baik atau tidak baik, bermanfaat, atau tidak bermanfaat, dll. Apabila pembelajaran yang dilakukannya mencapai hasil yang baik, pendidik tentu dapat dikatakan berhasil dalam proses pembelajaran dan demikian sebaliknya.Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui hasil yang telah dicapai oleh pendidik dalam proses pembelajaran adalah melalui evaluasi. Evaluasi yang dilakukan oleh pendidik ini dapat berupa evaluasi hasil belajar dan evaluasi pembelajaran. Banyak hal yang harus diketahui oleh guru maupaun calon guru mengenai dasar evaluasi hasil belajar maupun evaluasi pembelaharan, dalam makalah ini penyususn membahas hal-hal dasar yang berkaitan dengan evaluasi. B. RUMUSAN MASALAH
1. Apa yang dimaksud dengan tes tertulis untuk perstasi belajar?
2. Apa yang dimasksud dengan tabel spesikfikasi?
3. Bagaimana cara menganalisis hasil tes?
4. Bagaimana model penilaian kelas?
5. Apa yang dimasud dengan menskor dan menilai?
6. Bagaimana mengolah nilai?
7. Bagaimana kedudukan siswa dalam kelompok?
8. Bagaimana cara mencari nilai akhir?
9. Bagaimana cara membuat laporan?
10. Apa yang dimaksid dengan evaluasi program pengajaean?
C. TUJUAN PENULISAN
1. Mengetahui pengertian tes tertulis untuk perstasi belajar.
2. Mengetahui apa yang dimasksud dengan tabel spesikfikasi.
3. Mengetahui bagaimana cara menganalisis hasil tes.
4. Mengetahui bagaimana model penilaian kelas.
5. Mengetahui apa yang dimasud dengan menskor dan menilai.
6. Mengetahui bagaimana mengolah nilai.
7. Mengetahui bagaimana kedudukan siswa dalam kelompok.
8. Mengetahui bagaimana cara mencari nilai akhir.
9. Mengetahui bagaimana cara membuat laporan.
10. Mengetahui apa yang dimaksid dengan evaluasi program pengajaean.
No comments:
Post a Comment