Saturday, August 7, 2021

Makalah Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan

 

MAKALAH

DASAR-DASAR EVALUASI PENDIDIKAN


DOSEN MATA KULIAH

Dr. Bistari, M.Pd

 

DISUSUN OLEH

Riandini Rianita                                 F1081191002

Muhammad Ridho Hakiki                  F1081191004

Rani Annisa                                        F1081191006

Yurti                                                    F1081191010

Beti Rahayu                                        F1081191016

Rahmatullah Ananda Putra                 F1081191024



KELAS 4B REGULER

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS TANJUNGPURA

2021




BAB I PENDAHULUAN 

A. LATAR BELAKANG 

Evaluasi dalam pendidikan merupakan salah satu komponen yang tak kalah penting dengan proses pembelajaran. Ketika proses pembelajaran dipandang sebagai proses perubahan tingkah laku siswa, peran evaluasi proses pembelajaran menjadi sangat penting. Evaluasi merupakan suatu proses untuk mengumpulkan, menganalisa dan menginterpretasi informasi untuk mengetahui tingkat pencapaian tujuan pembelajaran oleh peseta didik. Sistem evaluasi yang baik akan mampu memberikan gambaran tentang kualitas pembelajaran sehingga pada gilirannya akan mampu membantu pengajar merencanakan strategi pembelajaran. Bagi peserta didik sendiri, sistem evaluasi yang baik akan mampu memberikan motivasi untuk selalu meningkatkan kemampuannya. Dalam setiap pembelajaran, pendidik harus berusaha mengetahui hasil dari proses pembelajaran yang ia lakukan. Hasil yang dimaksud adalah baik atau tidak baik, bermanfaat, atau tidak bermanfaat, dll. Apabila pembelajaran yang dilakukannya mencapai hasil yang baik, pendidik tentu dapat dikatakan berhasil dalam proses pembelajaran dan demikian sebaliknya.Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui hasil yang telah dicapai oleh pendidik dalam proses pembelajaran adalah melalui evaluasi. Evaluasi yang dilakukan oleh pendidik ini dapat berupa evaluasi hasil belajar dan evaluasi pembelajaran. Banyak hal yang harus diketahui oleh guru maupaun calon guru mengenai dasar evaluasi hasil belajar maupun evaluasi pembelaharan, dalam makalah ini penyususn membahas hal-hal dasar yang berkaitan dengan evaluasi. B. RUMUSAN MASALAH 

1. Apa yang dimaksud dengan tes tertulis untuk perstasi belajar? 

2. Apa yang dimasksud dengan tabel spesikfikasi? 

3. Bagaimana cara menganalisis hasil tes? 

4. Bagaimana model penilaian kelas? 

5. Apa yang dimasud dengan menskor dan menilai? 

6. Bagaimana mengolah nilai? 

7. Bagaimana kedudukan siswa dalam kelompok? 

8. Bagaimana cara mencari nilai akhir? 

9. Bagaimana cara membuat laporan? 

10. Apa yang dimaksid dengan evaluasi program pengajaean? 

C. TUJUAN PENULISAN 

1. Mengetahui pengertian tes tertulis untuk perstasi belajar. 

2. Mengetahui apa yang dimasksud dengan tabel spesikfikasi. 

3. Mengetahui bagaimana cara menganalisis hasil tes. 

4. Mengetahui bagaimana model penilaian kelas. 

5. Mengetahui apa yang dimasud dengan menskor dan menilai. 

6. Mengetahui bagaimana mengolah nilai. 

7. Mengetahui bagaimana kedudukan siswa dalam kelompok. 

8. Mengetahui bagaimana cara mencari nilai akhir. 

9. Mengetahui bagaimana cara membuat laporan. 

10. Mengetahui apa yang dimaksid dengan evaluasi program pengajaean. 





Link Download

No comments:

Post a Comment

Walpaper cantik Untuk android, iphon, dan pc

 Tampilan atau wallpaper telepon maupun laptop memang sering kita lihat setiap hari. Beberapa orang sengaja mempercantik atau membuat tampil...