RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SDIT Al- Kaustar
Kelas/ Semester : 5/ 1
Tema : 1 (Organ Gerak hewan dan Manusia)
Subtema : 1 (Organ Gerak Hewan)
Pembelajaran ke- : 3
Alokasi Waktu : 5 jp (1 x 35 Menit)
A. Kompetensi Inti
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukan perilaku jujur, disiplin, tangung jawab, santun, peduli, percaya diri, dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga, serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba, berdasrkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4. Menunjukan keterampilan berpikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikasif. Dalam bahasa yang jelals, sistematis, logis dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap pengembangannya.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencaoaian Kompetensi
PPKn
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. |
1.1.1 Mengamalkan nilai-nila Pncasila dalam kehidupan sehari-hari. |
2.1 Bersikap tanggung jawab, cinta tanah air, dan rela berkorban sesuai nilai-nilai sila Pancasila. |
2.1.1 Menerapkan sikap yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila dalam sehidupan sehari-hari |
3.1 Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. |
3.1.1 Menunjukan nilai-nilai Pancasila yang terdapat dalam lingkungan sekitar |
4.1 Menyajikan hasil identifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. |
4.1.1 Membuat laporan tentang nilai-nilai Pancasila yan terdapat dalam kehidupan sehari-hari. |
IPS
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.1 Menidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, buadaya, komunikasi serta transportasi. |
3.1.1 Menemukan pengaruh ekonomi, soaial dan budaya terhadap letak geografis Indonesia 3.1.2 Menunjukan perubahan alam yang terjadi disebabkan oleh perilakuk manusai |
4.1 Menyajikanhasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, buadaya, komunikasi serta transportasi. |
4.1.1 Menuliskan tentang perilaku manusia yang mempengaruhi perubahan alam 4.1.2 Menggambar letak geografis tempat tinggal masing-masing sesuai peta |
Bahasa Indonesia
Kompetensi |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.2 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis. |
3.2.1 Menyebutkan ide pokok yang terdapat pada teks bacaan. |
4.1. Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis dan visual. |
4.1.1 Mrnuliskan ide pokok yang didapat dari teks bacaan. |
C. Tujuan
1. Dengan mengamati teks, peserta didik mampu mengidentifikasi sikap-sikap yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila secara tepat.
2. Dengan Berdiskusi, peserta didik mampu menganalisa sikap-sikap yang sesuai dengan sila-sila Pancasila dengan percaya diri.
3. Dengan membaca teks, peserta didik mampu menemukan contoh perubahan alam yang diakibatkan karena perilaku manusia secara tepat.
4. Dengan membaca dan menulis, peserta didik mampu menetukan ide pokok teks secara benar.
D. Materi
1. Perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila.
2. Perilaku yang menyebabkan perubahan alam.
3. Kondisi geografis negara Indonesia.
4. Peta Geografis Indonesia.
E. Model, pendekatan, dan Metode Pembelajaran
Model : Pembelajaran Kooperatif.
Pendekatan : Saintifik (mengamati, menanya, menalar, mencoba, mengomunikasikan).
Metode Pembelajaran : Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.
F. Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
2. Kegiatan Inti
3. Kegiatan Penutup
Kegiatan |
Uraian Kegiatan |
Jumlah Waktu |
Pendahuluan |
· Mengucap salam · Membaca doa · Mengecek kehadiran peserta didik · Mengkondisikan peserta didik untuk siap belajar · Menyampaikan tujuan pembelajaran · Memberikan apresiasi (menanyakan materi yang telah dipelajari sebelumnya) · Menyampaikan muatan pembelajaran/ cakupan materi |
10 Menit |
Inti |
· Pada awal pembelajaran, guru menstimulus ide, gagsan, motivasi peserta didik dengan memberikan narasi tentang contoh perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila, yakni membantu orang yang membutuhkan. · Secara interaktif, guru memberikan penjelasan mengenai nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila pancasila. · Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya dan memberikan pendapat Ayo Menbaca · Peserta didik diminta membaca teks tenatang “Nilai-nilai yang Terkandung dalam Sila-Sila Pancasila”. · Teks tersebut dibaca secara bergantian dan bersambung oleh seluruh peserta didik. · Secara interaktif, guru memberikan penjelasa mengenai nilai-nlai · Setelah membaca, peserta didik menemukan dan menuliskan ide pokok tiap paragraf. Ayo Berdiskusi · Pesert didik diminta menganalisis sikap sikap yang sesuai dengan sila-sila pancasila. · Guru menciptakan suasana interaktif dan atraktif dengan mengajak peserta didik melaksanakan diskusi secara klasikal. · Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memilih para petugas diskusi, seperti pembawa acara, sekretaris/notulis, dan lain-lain. Sementara anak-anak yang lain bertindak sebagai peserta diskusi. ·
Pembawa acara bertanggung jawab atas jalannya ·
Notulis bertugas untuk mencatat kejadian-kejadian · Setiap peserta diskusi berhak mengemukakan pendapatnya berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pembawa acara. · Setelah peserta didik memberikan pendapatnya, guru mengonfirmasi pendapat-pendapat peserta didik. Kemudian guru memandu peserta didik untuk menarik kesimpulan. Ayo Menulis · Peserta didik diminta untuk menuliskan sikap-sikap dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan nilai-nilai yangterkandung dalam sila-sila Pancasila. · Peserta didik bisa memperhatikan perilaku orang-orang disekitarnya, baik di sekolah, rumah, maupau masyarakat. Ayo Berduskusi · Berdasrkan “Peta Kondisi Geografis Negara Indonesia” guru bersama peserta didik mendiskusikan tentang luas dan letak negara Indonesia · Guru menciptakan suasana interaktif dan atraktif dengan mengajak peserta didik melaksanakan diskusi secara klasikal. · Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memilih para petugas diskusi, seperti pembawa acara, sekretaris/notulis, dan lain-lain. Sementara anak-anak yang lain bertindak sebagai peserta diskusi. · Pembawa acara bertanggung jawab atas jalannya diskusi. Pembawa acara juga bertugas untuk membacakan pertanyaan-pertanyaan untuk didiskusikan oleh peserta didik. · Notulis bertugas untuk mencatat kejadian-kejadian yang terjadi saat diskusi berlangsung, seperti pendapat-pendapat yang disampaikan oleh peserta diskusi. Notulis juga bertugas untuk membuat laporan dan kesimpulan hasil diskusi. · Setiap peserta diskusi berhak mengemukakan pendapatnya berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pembawa acara. · Setelah peserta didik memberikan pendapatnya, guru mengonfirmasi pendapat-pendapat peserta didik. Kemudian guru memandu peserta didik untuk menarik kesimpulan. Ayo Mencoba · Peserta didik menggambar peta wilayah RT tempat tinggalnya. · Guru berkeliling dan memandu peserta didik yang mengalami kesulitan. · Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap gambar peserta didik. Ayo Renungkan · Secara mandiri peserta didik diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung. · Peserta didik mengemukakan pendapatnya sesuai dengan perilaku kesehariannya berkaitan dengan kompetensi-kompetensi yang sudah dipelajari, dalam hal ini menjelaskan isi informasidari teks tentang pengaruh kegiatan manusia terhadap alam dan memberi contoh pengaruh penggunaan bahan kimia pada lingkungan melalui pengamatan. |
140 Menit |
Penutup |
· Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari · Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) · Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti. · Melakukan penilaian hasil belajar · Mengajak semua siswa berdo’a (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) |
15 Menit |
F. Penilaian, Pembelajaran Remedial, dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Sikap : Observasi
b. Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis
c. Penialain Keterampilan : Penilaian Kinerja
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Sikap
1) Sikap Spiritual
No |
Nama Siswa |
Ketaatan beribadah |
Perilaku besyukur |
Kebiasaan berdoa |
Toleransi |
||||
BS |
PB |
BS |
PB |
BS |
PB |
BS |
PB |
||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BS: Baik Sekali
PB: Perlu Bimbingan
2) Sikap Soaial
No |
Nama Siswa |
Jujur |
Disiplin |
Tanggung jawab |
Santun |
Peduli |
Percaya diri |
||||||
BS |
PB |
BS |
PB |
BS |
PB |
BS |
PB |
BS |
PB |
BS |
PB |
||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BS: Baik Sekali
PB: Perlu Bimbingan
b. Penilaian Pengetahuan
1) Petunjuk/ Perintah Soal
a. Sebelum menjawab pertanyaan, jangan lupa bacalah do’a terlebih dahulu
b. Siapkan alat tulis yang dibutuhkan
c. Bacalah dengan cermat dan teliti setiap pertanyaan
d. Jawablah pertanyaan
e. Periksa kembali sebelum mengumpulkan jawaban pada bapak/ibu guru
2) Soal
a. Tuliskan sikap-sikap dalam kehidupan sehari hari yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila.
Sila ke- |
Sikap yang sesuai |
1 |
|
2 |
|
3 |
|
4 |
|
5 |
|
b. Tuliskan luas, letak dan kondisi geografis wilayah negara Indonesia!
3) Kunci Jawaban
a.
Sila ke- |
Sikap yang sesuai |
1 |
Tidak memaksakan agam kepada orang lain, rajin beribadah, memberikan kesempatan kepada orang lain untuk beribadah dan merayakan hari besar keagamaan |
2 |
Tidak membeda-bedakan teman dalam bergaul, saling membantu dan menolong antar sesama, menjenguk orang sakit. |
3 |
Gotong royong, kerja bakti, mempelajari kesenian dari daerah lain. |
4 |
Musyawarah mufakat, menghargai pendapat orang lain, tidak memaksakan pendapat pribadi kepada orang lain |
5 |
Menghukum kepada pelanggar hukum meskipun kepasa seorang penjabat. |
(Jawaban pesertas didik disesuaikan dengan nilai yang terkandung dalam sila Pancasila).
b.
4) Pedoman Penskoran
No |
Kriteria |
Skor |
1 |
Menjawab 5 sikap yang sesuai dengan sila Pancasila |
7 |
Menjawab 4 sikap yang sesuai dengan sila Pancasila |
6 |
|
Menjawab 3 sikap yang sesuai dengan sila Pancasila |
5 |
|
Menjawab 2 sikap yang sesuai dengan sila Pancasila |
4 |
|
Menjawab 1 sikap yang sesuai dengan sila Pancasila |
3 |
|
Menjawab salah |
1 |
|
Tidak menjawab |
0 |
|
2 |
Menjawab 3 aspek dengan benar |
4 |
Menjawab 2 aspek dengan benar |
3 |
|
Menjawab 1 aspek dengan benar |
2 |
|
Menjawab salah |
1 |
|
Tidak menjawab |
0 |
|
Nilai Maksimum |
11 |
Nilai Akhir × 100
c. Penilaian Keterampilan
1) Petunjuk Kerja
a. Membaca teks tenatang “Nilai-nilai yang Terkandung dalam Sila-Sila Pancasila”.
b. Teks dibaca secara bergantian dan bersambung oleh seluruh peserta didik.
c. Temukan dan tulislah ide pokok tiap paragraf.
2) Rubik Penilaian
a. Mencari ide pokok bacaan
Aspek |
Baik Sekali 4 |
Baik 3 |
Cukup 2 |
Perlu Bimbingan 1 |
Ketepatan |
Menemukan keseluruhan ide pokok dengan tepat. |
Hampie semua ide pokok ditemukan dengan tepat |
Ada beberapa
ide pokok yang tidak |
Sebagian
ide |
Menunjukan bukti pendukung |
Mampu menunjukan bukti pendukung. |
Mempu menunjukan hampir semua bukti pendukung |
Ada beberapa |
Sebagian besar |
Waktu |
Keseluruhan ide pokok ditemukan dengan sangat cepat |
Keseluruhan idepokok ditemukan dngan cepat |
eseluruhan ide |
Keseluruhan ide pokok ditemukan dengan sangat lambat. |
Keterampilan penulisan: ringkasan dibuat dengan benar, sistematis dan jelas, yang menunjukan keterampilan penulisan yang baik. |
Keseluruhan hasil penulisan ringkasan yang sistematis dengan benar menunjukan keteranpilan penulisan yang sangat baik, di atas rata-rata kelas |
Keseluruhan |
Sebagian besar
hasil penulisan |
Hanya sebagian |
b. Menuliskan ide poko bacaan
Aspek |
Baik sekali 4 |
Baik 3 |
Cukup 2 |
Perlu Bimbingan 1 |
Rumusan ide pokok: ide pokok ditulis dalam bentuk kalimat (subjek+ predikat) |
Keseluruhan ide pokok ditulis dalam bentuk kalimat |
Hampir semua ide pokok ditulis dalam bentuk kalimat |
Sebagian besar ide pokok ditulis dalam bentuk kalimat |
Hanya sebagian kecil ide pokok ditulis dalam bentuk kalimat |
Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar: bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan ringkasan. |
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efesien dan manarik dalam keseluruhan penulisan. |
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efesien dalam keseluruhan penulisan. |
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efesien dalam sebagian besar penulisan. |
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efesien sebagian kecil penulisan. |
Ketepatan: ide pokok yang ditulis benar dan sesuai dengan bacaan. |
Keseluruhan ide pokok yang ditulis benar dan sesuai denganbcaan. |
Hampir keseluruhan ide pokok yang ditulis benar dan sesuai dengan bacaan. |
Sebagian besar ide pokok yang ditulis benar dan sesuai dengan bacaan |
Sebagian kecil ide pokok yang ditulis benar dan sesuai dengan bacaan |
3) Pedoman Penskoran
Nilai Akhir × 100
3) Pembelajaran Remedial dan Pengayaan Pembelajaran
a. Pembelajaran Remedial
1. Tuliskan kembali luas dan letak wilayah negara indonesia!
Wilayah Indonesia |
|
Luas |
Letak |
|
|
2. Sebutkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan bermasyarakat!
............................................................................................................
............................................................................................................
b. Pengayaan
1. Sebutkan contoh perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara!
............................................................................................................
............................................................................................................
2. Apa dampak positif dari luas dan letak wilayah Indonesia?
............................................................................................................
............................................................................................................
G. Media, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media : Peta Geografis Wilayah Negara Indonesia
2. Bahan : -
3 Sumber Belajar
Maryanto. 2017. Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siawa SD/MI Kelas V. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. Halaman 20-30.
Maryanto. 2017. Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Guru SD/MI Kelas V. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. Halaman 29-39
No comments:
Post a Comment