Wednesday, July 14, 2021

RPP Kelas 3 Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran ke-4

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                  : SDIT Al- Kaustar

Kelas/ Semester     : 3/ 1

Tema                      : 4 (Kewajiban dan Hakku)

Subtema                 : 2 (Kewajiban dan Hakku di Sekolah)

Pembelajaran ke-   : 4

Alokasi Waktu       :  5 jp (1 x 30 Menit)

A.      Kompetensi Inti

1.       Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

2.       Menunjukan perilaku jujur, disiplin, tangung jawab, santun, peduli, percaya diri, dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga, serta cinta tanah air.

3.       Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba, berdasrkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.

4.       Menunjukan keterampilan berpikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikasif. Dalam bahasa yang jelals, sistematis, logis dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap pengembangannya.

B.      Kompetensi Dasar dan  Indikator Pencaoaian Kompetensi

Bahasa Indonesia

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.10      Mencermati ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sedrhana) dalam teks tulis

3.10.1        Memberi masukan untuk penyelesaian masalah (sederhana) dengan suara yang jelas

     4.10     Memeragakan ungkapan atau kalimat saran, masukan, dan penyelesaian masalah (sederhana) sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektf yang dibuat sendiri.

4.10.1         Memasangkan pernyataan masukan penyelesaian masalah (sederhana) dan permasalahan dengan tepat

 

PPKn

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

1.2         Menghargai kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhuan Yang Maha Esa

1.2.1   Memahami kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga berkaitan dengan makanan

2.2         Melaksankan kwajiban dan hak sabagai anggota keluarga dan warga sekolah

2.2.1   Memahami tentang pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga berkaitan dengan makanan

3.2         Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah

3.2.1   Menentukan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga berkaitan dengan makanan

4.2         Menyajikan hasil identifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah

4.2.1   Menceritakan pengalaman tentang pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga berkaitan dengan makanan

 

PJOK

Kompetensi

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.8    Memahami bentuk dan manfaat istirahat dan pengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan

3.8.1   Menyebutkan tiga mafaat istirahat untuk menjaga kesehtan

4.8    Menceritakan bentuk dan manfaat istirahat dan ppengisian waktu luang untuk menjaga kesehatan

4.8.1   Menceritakan pengalaman tentang beristirahat untuk menjaga kesehatan.

 

C.      Tujuan

1.      Dengan membaca teks tulis tentang permasalahan, siswa dapat memberi masukan
untuk penyelesaian masalah (sederhana) dengan suara yang jelas.

2.      Dengan mengamati teks tulis tentang permasalahan, siswa dapat memasangkan
pernyataan masukan penyelesaian masalah (sederhana) dan permasalahannya
dengan tepat.

3.      Dengan mengamati teks, siswa dapat mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai
anggota keluarga berkaitan dengan makanan dengan tepat.

4.      Setelah mengidentifikasi kewajiban dan hak, siswa dapat menceritakan
pengalamannya tentang pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai anggota
keluarga berkaitan dengan makanan dengan percaya diri.

5.      Dengan mengetahui bentuk-bentuk istirahat, siswa dapat menyebutkan tiga
manfaat istirahat untuk menjaga kesehatan.

6.      Setelah mengetahui manfaat istirahat, siswa dapat menceritakan pengalamannya
tentang beristirahat untuk menjaga kesehatan.

7.      Dengan menyimpulkan apa yang telah mereka pelajari hari ini, siswa dapat
bersyukur kepada Tuhan dan memahami kewajibannya sebagai makhluk Tuhan,
bersikap saling menghargai, peduli, jujur, santun, dan bertanggung jawab.

D.      Materi

1.      Membaca teks permasalahan.

2.      Memberi saran secara lisan.

3.      Menjodohkan kalimat saran dengan permasalahan.

4.      Mengenal kewajiban dan hak.

5.      Menuliskan pengalaman tentang kewajiban dan hak terkait makana.

6.      Mempelajari manfaat istirahat.

7.      Menceritakan pengalaman tentang pentingnya istirahat malam.

E.      Model, pendekatan, dan Model Pembelajaran

Model                              : Pembelajaran Kooperatif.

Pendekatan                      : Saintifik (mengamati, menanya, menalar, mencoba, mengomunikasikan).

Metode Pembelajaran      : Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.

F.      Kegiatan Pembelajaran

1.      Kegiatan Pendahuluan

2.      Kegiatan Inti

3.      Kegiatan Penutup

Kegiatan

Uraian Kegiatan

Jumlah Waktu

Pendahuluan

·         Mengucap salam

·         Membaca doa

·         Mengecek kehadiran peserta didik

·         Mengkondisikan siswa untuk siap belajar

·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

·         Memberikan apresiasi (menanyakan materi yang telah dipelajari sebelumnya)

·         Menyampaikan muatan pembelajaran/ cakupan materi

10 Menit

Inti

Ayo Mencoba

·         Peserta didik dibagi kelompok dengan anggota sekitar tiga orang.

·         Setiap kelompok mendapat bagian masalah yang harus dicari solusinya.

·         Peserta didik berdiskusi sesuai permasalahan yang didapat dan menyampaikan hasil diskusi di depan kelas.

·         Setiap kelompok menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas.

·         Siswa lain diminta mendengarkan dengan tertib.

·         Setelah semua kelompok seesai memberrikan hasil diskusinya  guru menyampaikan penghargaan atas pendapat-pendapat peserta didik.

·         Guru meningatkan bahwa perlu memiliki pendapat sendiri tentang permasalahan yang ada di sekitarnya.

Ayo Mengamati

·         Peserta didik mengamati kalimat-kalimat yang ada dalam buku .

·         Kalimat tersebut berkaitan dengan permasalahan pada kegiatan sebelumnya.

·         Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk membaca perintah baik-baik.

·         Peserta didik mengerjakan tugas sesuai perintah secara mandiri.

·         Setelah peserta didik selesai mengerjakan latihan di buku.

·         Guru bersama peserta didik bersama-sama memeriksa hasil pekerjaan.

Ayo Berlatih

·         Peserta didik mengamati gambar dan memberi pendapat mengenai gambar tersebut.

·         Memberi peserta didik waktu untuk menyampaikan apakah mereka melakukan hal yang sama dengan Udin dirumahnya.

·         Peserta didik membaca kalimat pengantar pada buku, dan dapat mengajukan pertanyaan jika ada hal yang belum jelas.

·         Setelah mengamati kalimat-demi kalimat yang berkaitan dengan kewajiban dan hak.

·         Setelah mengamati kalimat-kalimat, peserta didik memilah dan menyalin kalimat yang merupakan hak maupu kewajiban pada tempat yang telah disediakan membaca aturan keluarga Udin tentang makanan.

Ayo Mencoba

·         Setelah mengetahui kewajiban dan hak berkaitan dengan makanan, peserta didik menuliskan cerita tentang  pengalaman mereka dalam melaksanakan kewajiban dan hak yang berkaitan dengan makanan di rumah.

·         Guru mengingatkan peserta didik untuk menulis dengan rapi dan jelas. Sekurang-kurangnya lima kalimat.

·         Guru berkeliling kelas melihat-lihat jika ada peserta didik yang mengalami kesulitan.

Ayo Menulis

·         Peserta didik mengamati teks penjelasan pada buku.

·         Setelah peserta didik memahami maksud teks, peserta didik menuliskan manfaat istirahat pada tempat yang telah disediakan.

·         Setelah selesai menulis, peserta didik diminta untuk membacakan pekerjaannya di depan kelas.

Ayo Bercerita

·         Peserta didik membaca teks pengantar di buku.

·         Peserta didik dapat bertanya kepada guru jika ada hal yang belum dipahami.

·         Peserta didik sudah mengetahui bahwa setiap orang memiliki hak sekaligus kewajiban beristirahat.

·         Peserta didik mendapatkan kesempatan bercerita tentang pengalaman mereka tentang istirahat di sepan kelas.

·         Guru membimbing peserta didik untuk bercerita dengan pesrcaya diri dan suara jelas serta terdengar teman-temannya.

115 Menit

Penutup

·         Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari

·         Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

·         Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

·         Melakukan penilaian hasil belajar

·         Mengajak semua siswa berdo’a (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 Menit

F.    Penilaian, Pembelajaran Remedial, dan Pengayaan

1.      Teknik Penilaian

a.       Penilaian Sikap               : Observasi

b.       Penilaian Pengetahuan    : Tes Tertulis

c.       Penialain Keterampilan   : Penilaian Kinerja

2.      Instrumen Penilaian

a.       Penilaian Sikap

1)      Sikap Spiritual

No

Nama Siswa

Ketaatan beribadah

Perilaku besyukur

Kebiasaan berdoa

Toleransi

BS

PB

BS

PB

BS

PB

BS

PB

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BS: Baik Sekali

PB: Perlu Bimbingan

2)      Sikap Soaial

No

Nama Siswa

Jujur

Disiplin

Tanggung jawab

Santun

Peduli

Percaya diri

BS

PB

BS

PB

BS

PB

BS

PB

BS

PB

BS

PB

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BS: Baik Sekali

PB: Perlu Bimbingan


 

b.       Penilaian Pengetahuan

1)      Petunjuk/ Perintah Soal

a.    Sebelum menjawab pertanyaan, jangan lupa bacalah do’a terlebih dahulu

b.    Siapkan alat tulis yang dibutuhkan

c.    Bacalah dengan cermat dan teliti setiap pertanyaan

d.    Jawablah pertanyaan

e.    Periksa kembali sebelum mengumpulkan jawaban pada bapak/ibu guru

 

2)      Soal

a.  Tuliskan sikap-sikap dalam kehidupan sehari hari yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila.

 

Sila ke-

Sikap yang sesuai

1

 

2

 

3

 

4

 

5

 

 

b.   Tuliskan luas, letak dan kondisi geografis wilayah negara Indonesia!

3)      Kunci Jawaban

a.

Sila ke-

Sikap yang sesuai

1

Tidak memaksakan agam kepada orang lain, rajin beribadah, memberikan kesempatan kepada orang lain untuk beribadah dan merayakan hari besar keagamaan

2

Tidak membeda-bedakan teman dalam bergaul, saling membantu dan menolong antar sesama, menjenguk orang sakit.

3

Gotong royong, kerja bakti, mempelajari kesenian dari daerah lain.

4

Musyawarah mufakat, menghargai pendapat orang lain, tidak memaksakan pendapat pribadi kepada orang lain

5

Menghukum kepada pelanggar hukum meskipun kepasa seorang penjabat.

(Jawaban pesertas didik disesuaikan dengan nilai yang terkandung dalam sila Pancasila).

b. 

4)      Pedoman Penskoran

No

Kriteria

Skor

1

Menjawab 5 sikap yang sesuai dengan sila Pancasila

7

Menjawab 4 sikap yang sesuai dengan sila Pancasila

6

Menjawab 3 sikap yang sesuai dengan sila Pancasila

5

Menjawab 2 sikap yang sesuai dengan sila Pancasila

4

Menjawab 1 sikap yang sesuai dengan sila Pancasila

3

Menjawab salah

1

Tidak menjawab

0

2

Menjawab 3 aspek dengan benar

4

Menjawab 2 aspek dengan benar

3

Menjawab 1 aspek dengan benar

2

Menjawab salah

1

Tidak menjawab

0

Nilai Maksimum

11

 

Nilai Akhir  × 100

 

c.       Penilaian Keterampilan

1)      Petunjuk Kerja

a.  Membaca teks tenatang “Nilai-nilai yang Terkandung dalam Sila-Sila Pancasila”.

b.  Teks dibaca secara bergantian dan bersambung oleh seluruh peserta didik.

c.  Temukan dan tulislah ide pokok tiap paragraf.

2)      Rubik Penilaian

a.  Menyampaikan pendapat

Aspek

Baik Sekali

4

Baik

3

Cukup

2

Perlu Bimbingan

1

Penampilan

Ada kontak mata, lancar, menarik perhatian pendengar, suara terdengar seluruh kelas

Memenuhi tiga kriteria

Memenuhi dua kriteria

Memenuhi satu kriteria

Bahasa

Menggunakan kosa kata baku, kalimat efektif, kata terucap dengan benar, intonasi sesuai kalimat .

Memenuhi tiga kriteria.

Memenuhi dua kriteria

Belum memenuhhi kriteria.

isi

Menyampaikan permasalahan, menyampaikan empat saran yang sesuai.

Menyampaikan permasalahan, menyampaikan tiga saran yang sesuai.

Menyampaikan permasalahan, menyampaikandua saran yang sesuai.

Tidak dapat menyampaikan permasalahan dan saran

 

b.  Menulis Cerita

Aspek

Baik sekali

4

Baik

3

Cukup

2

Perlu Bimbingan

1

Tulisan

Tulisn rapi, tanpa coretan, mudah terbaca, jeda proporsional

Memenuhi tiga kriteria

Memenuhi dua kriteria

Memenuhi satu kriteria

bahasa

Semua kalimat dalam cerita semuanya menggunakan kosa kata baku, kalimat efektif, kata tertulis dengan benar, tepat menggunakan huruf besar dan tanda baca

Sebagian besar kalimat dalam cerita menggunakan kosa kata baku, kalimat efektif, kata tertulis dengan benar, tepat menggunakan huruf besar dan tanda baca

Hanya setengah bagian cerita menggunakan kosa kata baku, kalimat efektif, kata tertulis dengan benar, tepat menggunakan huruf besar dan tanda baca

Kurang dari setengah cerita menggunakan kosa kata baku, kalimat efektif, kata tertulis dengan benar, tepat menggunakan huruf besar dan tanda baca

Isi

Banyak kalimat di atas 15 kalimat, sesuai dengan tema, runtun

Banyak kalimat antara 12-14 kalimat, memenuhi kedua kriteria lain.

Banyak kalimat diatas 5-10 kalimat, memenuhi satu kriteria lain.

Banyak kalimat kurang dari 5 kalimat, tidak memenuhi kriteria lain

c.  Bercerita

Aspek

Baik Sekali

4

Baik

3

Cukup

2

Perlu Bimbingan

1

Penampilan

Ada kontak mata, lancar, menarik perhatian pendengar, suara terdengar seluruh kelas

Memenuhi tiga kriteria

Memenuhi dua kriteria

Memenuhi satu kriteria

Bahasa

Menggunakan kosa kata baku, kalimat efektif, kalimat terucap dengan benar, intonasi sesuai kalimat

Memenuhi tiga kriteria.

Memenuhi dua kriteria

Belum memenuhhi kriteria.

isi

Ada pembukaan, menyebutkan bentuk istirahat, bagaimana cara beristirahat, manfaat istirahat ada penutup

Memenuhi empat kriteria

Memenuhi tiga kriteria.

Memenuhi dua kriteria

Banyak kalimat

Diatas 15 kalimat

11-15 kalimat

5-10 kalimat

Kurang dari 5 kalimat

 

3)           Pedoman Penskoran

Nilai Akhir  × 100

3)      Pembelajaran Remedial dan Pengayaan Pembelajaran

a.       Pembelajaran Remedial

1.       Tuliskan kembali luas dan letak wilayah negara indonesia!

Wilayah Indonesia

Luas

Letak

 

 

2.       Sebutkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan bermasyarakat!

............................................................................................................

............................................................................................................

 

b.       Pengayaan

1.       Sebutkan contoh perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara!

............................................................................................................

............................................................................................................

2.       Apa dampak positif dari luas dan letak wilayah Indonesia?

............................................................................................................

............................................................................................................

G.      Media, Bahan, dan Sumber Belajar

1.      Media         : Gambar makan sehat dan tidak sehat.

2.      Bahan         : -

3       Sumber Belajar

Muhibba Iba dan Assagaf Lubna. 2017. Tema 4 Kewajiban dan Hakku: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siawa SD/MI Kelas III. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. Halaman 25-31.

Muhibba Iba dan Assagaf Lubna. 2017. Tema 4 Kewajiban dan Hakku: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Guru SD/MI Kelas III. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. Halaman 32-40

 

        

 

 

No comments:

Post a Comment

Walpaper cantik Untuk android, iphon, dan pc

 Tampilan atau wallpaper telepon maupun laptop memang sering kita lihat setiap hari. Beberapa orang sengaja mempercantik atau membuat tampil...