Friday, January 7, 2022

Komponen RPP

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Komponen RPP terdiri atas:

a.       Identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;

b.        Identitas mata pelajaran atau tema/subtema;

c.       Kelas/semester;

d.       Materi pokok;

e.       Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;

f.        tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan;

g.       kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;

h.       materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;

i.        metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;

j.  media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;

k. sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;

l. langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan

m. penilaian hasil pembelajaran.

 

PROSEDUR DAN RAMBU-RAMBU UNTUK SETIAP KOMPONEN RPP

1.       Merumuskan Indikator.

Indikator dirumuskan berdasarkan materi bukan dari kompetensi dasar tetapi untuk mencapai kompetensi dasar.

Rambu-rambunya

a.     Dirumuskan dari materi esensial yang akan diajarkan. Jadi kaji dulu materi yang akan diajarkan baik aspek pengetahuan (KD-3) maupun aspek keterampilan (KD-4) kemudian tulis materi-materi penting/esensial, lalu klasifikasikan materi itu termasuk tingkat kognitif apa (C-1 s.d C-6).

b.     Berdasarkan materi esensial dan pengklasifikasiannya selanjutnya rumuskan menjadi rumusan Indikator menggunakan kata kerja operasional (KKO) yang lebih rendah dari Kompetensi Dasar. Materi kata kerja operasional sudah dikirim di Google classroom, serta

c.     Memenuhi rumusan B dan D (Condition dan Degree), materi bisa dicermati dalam Permendikbud yang sudah dikirim. Selanjutnya rumusan indikator di urutkan dari tingkat berpikir rendah ke tingkat berpikir tinggi (Urutan C-1-C-6)

Selanjutnya Kompetensi dasar dan rumusan indikator disajikan ke dalam tabel secara berpasangan

Kompetensi dasar pengetahuan dan keterampilan tidak perlu dibatas garis.

 

Kompetensi Dasar

Indikator

3. . . .

 

 

4. …

 

 

2.       Merumuskan Tujuan Pembelajaran

Rumusan Indokator dijabaran menjadi rumusan tujuan pembelajaran dengan rambu-rambu:

a.     Rumusan Indikator dijabarkan menjadi rumusan tujuan pembelajaran yang lebih spesifik

b.     Menggunakan kata kerja operasional (KKO) yang memenuhi 3 M (teramati, terukur dan ternilai) yang lebiyh fendah dari Indikator minimal sama.

c.     Tidak dalam rumusan ganda

d.     Memenuhi rumusan ABCD (Audience, Behaviour, Condition dan Degree) Baca Permendikbud,

e.     Diurutkan dari taraf berpikir rendah ke taraf berp8ikir tinggi.

3.     Materi pembelajaran

Rumusan tujuan pembelajaran menjadi mateti pembelajaran secara berurutan sesuai dengan ututan tujuan pembelajaran . tulis dulu nama materinya kemudian uraiannya. Uraian materi singkat saja nanti dikembangkan dalam pengembangan bahan pembelajaran.

Materi pembelajaran memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan tujuan pembelajaran untuk ketercapaian kompetensi;

4.     Model pembelajaran/Pendekatan pembelajaran/Metode pembelajaran

a.     Model Pembeajaran :

b.     Pendekatan : Saintifik

c.     Metode : …..

Metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran untuk menyajikan materi pembelajaran agar peserta didik mencapai Tujuan pembelajaran, Indikator dan KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;

5.       Media Pembelajarab/alat peraga

Media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;

Tetapkan Media pembelajaran dan atau alat peraga yang sesuai untuk menyajikan materi pembelajaran. (gambar/peta, benda nyata atau asli, benda tiruan buatan sendiri, video pembelajaran, dll yang sesuai)

6.       Sumber belajar

Sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;

Tulis sumber belajar yang digunakan untuk menyajikan materi pembelajaran termasuk sumber yang digunakan untuk pengembangan bahan pembelajaran.

7.       Kegiatan Pembelajaran

Langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup.

Pada Kegiatan Pendahuluan:  

a.     Salam dan menyapa peserta didik

b.     Memeriksa kebersihan kelas dan kesiapan belajar peserta didik

c.     Berdoa

d.     Absensi/cek kehadira peserta didik

e.     Apersepsi (guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang isi materi yang sudah diajarkan) untuk mengaitkan ke materi yang akan disajikan

f.      Informasi materi yang akan diajarkan

g.     Informasi tujuan pembelajaran yang akan dicapai

h.     Infirmasi kegiatan pembelajarannyang akan dilaksanakan

i.      Mengkondisikan kelas dan memotivasi eserta didik

 

 

Pada kegiatan Inti

Uraikan kegiatan pembelajaran untuk menyajikan materi pembelajaran secara urut sesuai dengan urutan materi dan tujuan pembelajaran menerapkan berupa aktivitas guru dan aktivitas peserta didik untuk menerapkan model pembelajaran, pendekatan saintifik dan metode pembelajaran dengan bantuan media pembelajaran/alat peraga. Pembelajaran berpusat kepada peserta didik dengan menerapkan tingkat berpikit HOTS dengan mengajak peserta didik menerapkan 3 C (critical thinking, creatif thinking dan colaboratif thinking). Jadi untuk setiap materi pembelajaran uraikan kegiatan pembelajaran. Uraikan kegiata pembelajaran pada kegiatan pendahuluan, Uraikan kegiatan pembelajaran pada kegiatan inti termasuk dalam kegiatan inti ketika peserta didik mengerjakan LKPD

Pada kegiatan Penutup guru dan peserta didik  melaksanakankegiatan

a.     Refleksi Pembelajaran

b.     Bersama perserta didik meramgkum materi pembelajaran

c.     Melaksanakan tes hasil belajar

d.     Refleksi hasil peniolaian hasil belajar

e.     Tindak lanjut

8.       Penilaian Hasil Pembelajaran

Pembelajaran langsung yang diberikan guru adalah aspek pengetahuan (KD-3) dan keterampilan (KD-4) Oleh sebab itu yang diutamakan adalah penilaian hasil belajar aspek pengetahuan dan keterampilan baik penilaian proses maupun penilaian akhir hasil pembelajaran. Penilaian keterampilan bisa menyatu dengan kegiatan inti melalui kegiatan LKPD dan penilaian pengetahuan pada kegiatan penutup. Penilaian hasil pembelajaran pengetahuan, tulis jenis tes, tulis bentuk tes, tulis soal, tulis kunci jawaban, dan rubric pedoman penskoran.

Pembelajaran tidak langsung berkaitan dengan KI-1 dan KI-2 jadi guru bisa membuat lembar pengamatan tentang penilaian sikap yang sesuai dengan materi yang disajikan.

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Sekolah                            : ………………………………

Mata Pelajara                   : ………………………………

Kelas                                : ………………………………

Semester                          : ……………………………...

Materi Pokok                   :

Alokasi waktu                  :

Pertemuan Ke                  :

 

A.    Kompetensi Inti

KI-1

KI-2

KI-3

KI-4

B.    Kompetensi Dasar dan Indikator

Kompetensi Dasar

Indikator

3. . . .

 

 

4. …

 

 

C.    Tujuan Pembelajaran

1.

2.

3.

dst

D.    Materi Pembelajaran\

1.

2..

3.

dst

E.    Model pembelajaran/Pendekatan pembelajaran/Metode pembelajaran

1.     Model Pembeajaran :

2.     Pendekatan : Saintifik

3.     Metode : …..

F.     Media Pembelajarab/alat peraga

1.

2. \dsrt

G.    Sumber Belajar

1.

2.

dst

 

 

H.    Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN

URAIAN KEGIATAN

WAKTU

Pendahuluan

1.       Salam dan Menyapa siswa

2.       Memeriksa kebersihan kelas dan kesiapan belajar siswa

3.       Berdoa

4.       Absensi/cek kehadira siswa

5.       Apersepsi (guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang isi materi yang sudah diajarkan) untuk mengaitkan ke materi yang akan disajikan

6.       Informasi materi yang akan diajarkan

7.       Informasi tujuan pembelajaran yang akan dicapai

8.       Infirmasi kegiatan pembelajarannyang akan dilaksanakan

9.       Mengkondisikan kelas dan memotivasi siswa

. . .

. . .

 

. . .

. . .

 

 

 

. . .

. . .

. . .

 

. . .

 

Inti

Uraikan aktivitas guru dan aktivitas peserta didik untuk menyajikan materi secara urut sesuai dengan urutan tujuan pembelajaran dan materi pembelajaran.

1.        

2.        

3.        

dst

 

 

 

 

. . .

. . .

. . .

. . .

Penutup

1.       Bersama siswa mengadakah refleksi pembelajaran

2.       Bersama siswa merangkum materi pembelajaran

3.       Melaksanakan tes hasil belajar

4.       Refleksi hasil peniolaian hasil belajar

5.       Tindak lanjut berupa

a.

b.

. . .

. . .

. . .

. . .

. . .

. . .

 

I.      Penilaian Hasil Belajar

Tes Pengetahuan

1.     Jenis Tes :

2.     Bentuk Tes :

3.     Soal Tes

Tulis soal uraian sesua tujuan pembelajaran urutkan mulai soal mudah-sedang-sukar

a.

b.

c.

dst

4.     Kunci Jawaban

a.

b.

c.

dst

5.     Pedoman Penskoran  (Bedakan skor menurut tingkat kesukaran)

No Soal

Indikator Penskoran

Skor

1

a.

b.

c.

 

 

2

 

 

3

 

 

4

 

 

5

 

 

dst

 

 

 

Tes Keterampilan

Tulis soal dan rubri penskoran

 

Lembar pengamatan Sikap

Dalam kegiatan pembelajarn sikap apa yang perlu diamati , buat dalam tabel dengan cara mencontreng. (sambul mengajar mencontreng atau setelah selesai mengajar)

 

Mengetahui                                                                         Pontianak

Kepala Sekolah  . . ……                                                     Guru Mata Pelajaran

 

 

……………………                                                            ………………………..

 

 

 

No comments:

Post a Comment

Walpaper cantik Untuk android, iphon, dan pc

 Tampilan atau wallpaper telepon maupun laptop memang sering kita lihat setiap hari. Beberapa orang sengaja mempercantik atau membuat tampil...