RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD Muhammadiyah 2 Pontianak
Kelas/
Semester : II (Dua)/ 1
Tema : 1 (Hidup Rukun)
Subtema : 3 (Hidup Rukun di Sekolah)
Pembelajaran
ke- : 1
Alokasi
Waktu : 1× Pertemuan (1 x 30 Menit)
A. Kompetensi Inti
KI
1: Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2: Menunjukan perilaku jujur, disiplin, tangung
jawab, santun, peduli, percaya diri, dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru, dan tetangga, serta cinta tanah air.
KI 3: Memahami pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya,
dan mencoba, berdasrkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan
tempat bermain.
KI 4: Menunjukan keterampilan berpikir dan bertindak
kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikasif. Dalam bahasa
yang jelals, sistematis, logis dan kritis dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku
anak sesuai dengan tahap pengembangannya.
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bahasa Indonesi
Kompetensi
Dasar |
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
3.1
Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan
yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup
rukun |
3.1.1
Menjelaskan isi teks yang berisi perintah yang
berkaitan dengan sikap hidup rukun |
4.1
Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan
dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun |
4.1.1 Melengkapi kalimat perintah dengan
bahasa yang santun |
SBDP
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.1
Mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi |
3.1.1
Menjelaskan ciri-ciri karya gambar imajinatif dua dan tiga
dimensi. 3.1.2
Mengategorikan alat dan bahan menggambar imajinatif dua dan
tiga dimensi |
4.1
Membuat karya imajinatif dua dan tiga dimensi |
4.1.1
Mengetahui cara menggunakan alat dan bahan menggambar
imajinatif dua dan tiga dimensi. 4.1.2
Menggambar imajinatif dua dan tiga dimensi berdasarkan
pengalaman |
Matematika
Kompetensi |
Indikator Pencapaian
Kompetensi |
3.3
Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan
bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan
sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan |
3.3.1
Memahami kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah
tentang penjumlahan dengan benar |
4.3
Menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan bilangan
yang melibatkan bilangan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan
penjumlahan dan pengurangan |
4.3.1
Melakukan penjumlahan dua bilangan dengan teknik menyimpan
dengan cara panjang dan cara pendek dengan benar |
C. Tujuan
1. Dengan diberikan teks
percakapan tentang hidup rukun, siswa dapat menyebutkan isi teks yang berisi
perintah yang berkaitan dengan sikap hidup rukun melalui kegiatan menyimak
dengan benar.
2. Dengan diberikan kalimat
perintah yang rumpang, siswa dapat melengkapi kalimat perintah dengan kata yang
tepat.
3. Dengan diberikan contoh gambar
imajinatif, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya gambar imajinatif
dengan tepat.
4. Dengan diberikan contoh gambar
imajinatif, siswa dapat mengidentifikasi alat dan bahan menggambar imajinatif
dengan tepat.
5. Dengan diberikan contoh
gambar imajinatif, siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakan alat dan bahan
menggambar imajinatif dengan tepat.
6. Dengan diberikan contoh
gambar imajinatif, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah menggambar
imajinatif dengan tepat.
7. Dengan diberikan contoh
gambar imajinatif, siswa dapat menggambar imajinatif berdasarkan pengalaman
atau benda yang di lihatnya.
8. Dengan diberikan benda
konkret, siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan
masalah tentang penjumlahan dengan benar.
9. Dengan diberikan benda
konkret, siswa dapat melakukan penjumlahan dua bilangan dengan teknik menyimpan
dengan cara panjang dangan benar.
10. Dengan diberikan benda
konkret, siswa dapat melakukan penjumlahan dua bilangan dengan teknik menyimpan
dengan cara pendek dengan tepat.
D. Materi
1. Teks percakapan tentang
kerukunan hidup.
2. Contoh-contoh kalimat rumpang.
3. Teks bacaan yang di
dalamnya terdapat kalimat perintah.
4. Contoh0contoh kalimat
imajinatif.
E. Model, pendekatan, dan Model Pembelajaran
Model : Pembelajaran
Kooperatif.
Pendekatan :
Saintifik (mengamati, menanya, menalar, mencoba, mengomunikasikan).
Metode Pembelajaran : Ceramah,
tanya jawab, diskusi, dan penugasan.
F. Kegiatan
Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
2. Kegiatan Inti
3. Kegiatan Penutup
Kegiatan |
Uraian Kegiatan |
Jumlah Waktu |
||||||||||||
Pendahuluan |
· Mengucap salam · Membaca doa · Mengecek kehadiran peserta
didik · Mengondisikan siswa untuk
siap belajar · Menyampaikan tujuan
pembelajaran · Memberikan apresiasi
(menanyakan materi yang telah dipelajari sebelumnya) · Menyampaikan muatan
pembelajaran/ cakupan materi |
10 Menit |
||||||||||||
Inti |
Ayo Mengamati · Siswa mengamati teks
percakapan antara Udin dan ibunya yang terdapat di Buku Siswa. D dalam
percakapan tersebut terdapat kalimat perintah. · Siswa menyebutkan kalimat
perintah yang terdapat dalam percakapan tersebut, kemudian menuliskannya di
empat yang tersedia. · Siswa membaca kalimat yang
dituliskan secara bergiliran. Ayo Berlatih · Siswa membuat kalimat
perintah sesuai dengan percakapan. · Siswa melengkapi kalimat
sehingga menjadi kalimat perintah. Soal latihan pada halaman sesuai dengan KD 3.1 Bahasa
Indonesia. Contoh jawaban soal adalah sebagai berikut. -
Masuklah ke kelas setelah bl berbunyi! -
Jagalah kebersihan kelas! -
Tutuplah pintu setelah masuk ke dalam ruangan! -
Aturlah buku-buku di rak buku! -
Buanglah sampa pada tempatnya! Perlu diingatkan bahwa jawaban siswa berbeda-beda. Guru mengamati
kemampuan siswa dalam melengkapi kalimat menjadi kalimat perintah. Kalimat
perintah ditandai dengan kata di awal kalimat yang menggunakan “lah”,
misalnya masuklah, tutuplah, dan bukalah. Tanda baca yang menandai kalimat
perintah adalah tanda seru “!”. ·
Siswa membaca kalimat
perintah yang sudah dibuatnya. (Rubrik penilaian 1, Bahas Indonesia KD 4.1) Skor: Ayo Mengamati · Siswa mengamati gambar
peralatan yang digunakan untuk menggambar (membuat karya imajinatif). · Siswa memasangkan gambar
karya imajinatif dengan alat mewarnai yang sesuai. Usahakan membawa alat
mewarnai seperti yang dimaksud di Buku Siswa. Guru memperagakan cara mewarnai
dengan alat gambar tersebut. · Siswa mencoba menggunakan
berbagai alat mewarnai yan dibawanya. Ayo Berkreasi ·
Siswa mengamati kegiatan yang dilakukan di sekolah,
misalnya menulis, membaca, bermain di halaman sekolah da membersihkan kelas. ·
Siswa menggambar benda-benda
atau makhluk hidup yang berhubungan dengan kegiatan di sekolah sesuai dengan
pengalamannya. Misalnya, menggambar paku, meja, tas sekolah, tanaman di dalam
pot, sapu, ember, pohon, hewan yang dilihatnya di sekolah. ·
Siswa mewarnai gambar yang
sudah digambar dengan salah satu alat mewarnai. Guru mengamati kemampuan
siswa berpedoman pada rubrik penilaian 2 (SBDP KD 3.1 dan KD 4.1). Ayo Berlatih ·
Guru memberikan pengantar mengenai kegiatan sekolah yang
dilakukan oleh para siswa. Guru mengemukakan banyaknya siswa yang terdapat di
sekolah tersebut. ·
Siswa mengamati gambar kumpulan kubus yang menyatakan
banyak siswa laki-laki dan banyak siswa perempuan. ·
Siswa menjumlahkan banyak siswa yang terdapat di sekolah. ·
Siswa mengamati cara menjumlah dengan cara pendek dan cara
panjang. ·
Siswa diberikan kesempatan oleh guru untuk bertanya tentang
menjumlah dengan cara panjang dan cara pendek. Guru membuat beberapa contoh
agar siswa lebih memahami. ·
Siswa berlatih mengerjakan soal seperti yang ada di Buku
Siswa. (Penilaian pengetahuan KD 3.1) ·
Siswa mengerjakan soal cerita dengan menggunakan
penjumlahan cara panjang. (Rubrik penilaian 3, Matematika
KD 4.1) Skor:
|
115 Menit |
||||||||||||
Penutup |
·
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman
hasil belajar selama sehari · Bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil
ketercapaian materi) · Guru
memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang
pembelajaran yang telah diikuti. · Melakukan penilaian hasil belajar ·
Mengajak semua siswa berdo’a (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) |
15 Menit |
F. Penilaian,
Pembelajaran Remedial, dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Sikap : Observasi
b. Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis
c. Penialain Keterampilan : Penilaian Kinerja
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Sikap
1) Sikap Spiritual
No |
Nama Siswa |
Ketaatan beribadah |
Perilaku besyukur |
Kebiasaan berdoa |
Toleransi |
||||
BS |
PB |
BS |
PB |
BS |
PB |
BS |
PB |
||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BS: Baik Sekali
PB: Perlu Bimbingan
2) Sikap Soaial
No |
Nama Siswa |
Jujur |
Disiplin |
Tanggung jawab |
Santun |
Peduli |
Percaya diri |
||||||
BS |
PB |
BS |
PB |
BS |
PB |
BS |
PB |
BS |
PB |
BS |
PB |
||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BS:
Baik Sekali
PB: Perlu Bimbingan
b. Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan
Rubrik Penilaian
1) Bahasa Indonesia
Rubrik
Memperagakan Kalimat Perintah dengan Benar (KD 4.1)
Kriteria |
Baik Sekali 4 |
Baik 3 |
Cukup 2 |
Perlu Bimbingan 1 |
Kalimat
perintah diperagakan dengan memerhatikan lafal dan intonasi yang tepat |
Semu
kalimat perintah diperagakan dengan benar tanpa bantuan guru |
Ada
beberapa kalimat perintah yang diperagakan kurang benar, tanpa bantuan guru. |
Ada
beberapa kalimat perintah yang diperagakan kurang benar, dengan bantuan guru. |
Belum
ada kalimat perintah yang diperagakan dengan benar, dengan bantuan guru |
2) SBDP
Rubrik
penilaian Menggambar Imajinatif
Aspek/ Kriteria |
Baik Sekali 4 |
Baik 3 |
Cukup 4 |
Perlu bimbingan 1 |
Pengetahuan: Mengidentifikasi
ciri-ciri gambar imajinatif, minimal 3 ciri-ciri (KD 4.1) |
Menyebutkan
3 ciri-ciri atau lebih dengan benar. |
Menyebutkan
2 ciri-ciri dengan benar |
Menyebutkan
1 ciri-ciri dengan benar |
Tidak
dapat menyebutkan ciri-ciri dengan benar |
Bahan
yang digunakan (KD 4.1) |
Semua
bahan yang digunakan benar tanpa bantuan guru |
Ada
bahan yang digunakan belum benar tanpa bantuan guru |
Ada
bahan yang digunakan belum benar, dengan bantuan guru |
Semu
bahan yang digunakan belum benar, dengan bantuan guru |
Alat
yang digunakan (KD 4.1) |
Semu
alat yang digunakan benar tanpa bantuan guru |
Ada
alat yang digunakan belum benar, tanpa bantuan guru. |
Ada
alat yang digunakan belum benar dengan bantuan guru |
Semu
alat yang digunakan belum benar dengan bantuan guru |
Komposisi
bentuk gambar (KD 4.1) |
Komposisi
gambar sangat seimbang antara kiri dan kanan, atas dan bawah. |
Komposisi
gambar seimbang antara kiri dan kanan, atas dan bawah. |
Komposisi
gambar kurang seimbang |
Komposisi
gambar tidak seimbang |
Warna
gambar (KD 4.1) |
Sangat
variative dan sangat sesuai. |
Variative
dan sesuai |
Kurang
variative dan kurang sesuai. |
Tidak
variative dan tidak sesuai. |
3) Matematika
Melakukan
Penjumlahan dengan Teknik pendek
Kriteria |
Skor |
Semua masalah
penjumlahan diselesaikan dengan benar. |
4 |
Setengah atau
lebih masalah penjumlahan diselesaikan dengan benar. |
3 |
Kurang dari
setengah masalah penjumlahan diselesaikan dengan benar. |
2 |
Belum ada
masalah penjumlahan yang diselesaikan dengan benar. |
1 |
3) Pedoman Penskoran
Nilai Akhir × 100
Panduan Konversi Nilai
Konversi Nilai (Skala 0-100) |
Predikat |
Klasifikasi |
81-100 |
A |
SB (Sangat Baik) |
66-80 |
B |
B (Baik) |
51-65 |
C |
C (Cukup) |
0-50 |
D |
K (Kurang) |
G. Media, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media
• Gambar Kumpulan kubus atau benda lain
• Teks tentang hidup rukun
• Lingkungan sekitar
• Contoh gambar imajinatif
2. Bahan : -
3 Sumber Belajar
Hendrifiana Yusfina, Ariguntar Panca dan Assagaf Lubna. 2017. Tema I Hidup Rukun: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siawa
SD/MI Kelas II. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang,
Kemendikbud.
Halaman 98-105.
Hendrifiana Yusfina, Ariguntar Panca dan Assagaf Lubna. 2017. Tema 1 Hidup Rukun:
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Guru SD/MI Kelas II. Jakarta: Pusat Kurikulum dan
Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. Halaman 88-94.
No comments:
Post a Comment