Keterampilan dasar mengajar
Keterampilan dasar mengajar menjadi bagian dari kompetensi pedagogic
sebagai salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru
profesional.
Berikut merupakan keterampilan dasar mengajar yang harus dimiliki oleh seorang guru.
1.
Keterampilan membuka dan menutup pelajaran
membuka dan menutup pelajaran harus dilakukan secara sistematis supaya
peserta didik bisa antusias sebelum pelajaran dimulai dan berkesan setelah
pembelajaran usai keterampilan membuka pembelajaran ini adalah keterampilan
yang dibutuhkan untuk mengkondisikan peserta didik agar mereka bisa fokus
dengan materi yang akan dipelajari contohnya keterampilan membuka pembelajaran
adalah dengan menghubungkan antara materi yang akan dipelajari dengan materi
sebelumnya atau bisa juga dengan membuat apersepsi berkaitan dengan materi yang
akan dipelajarinya Sedangkan untuk keterampilan menutup pembelajaran juga
membutuhkan keterampilan loh penutupan pembelajaran tidak bisa dilakukan secara
terburu-buru melainkan dikondisikan terlebih dahulu Misalnya saja didahului
dengan merangkum dan dilanjutkan dengan berdoa
2.
keterampilan bertanya.
Bertanya merupakan kegiatan yang sangat penting karena pertanyaan yang
tersusun dengan baik dan teknik pelontaran yang tepat akan memberikan dampak
positif terhadap siswa yaitu sebagai berikut yang pertama dapat memberikan rasa
ingin tahu berlebih peserta didik terhadap suatu materi yang ditanyakan
kemudian dengan bertanya bisa melatih peserta untuk berani mengungkapkan
pendapatnya sesuai pemahaman siswa tersebut Lalu dampak positif yang ketiga
adalah dapat melatih peserta didik untuk fokus serta menciptakan komunikasi
yang efektif antara guru dan juga peserta didik.
3.
Keterampilan memberikan penguatan
penguatan adalah keterampilan seorang guru dalam mempertahankan
kemungkinan berulangnya suatu perilaku peserta didik artinya guru bisa membuat
peserta didik konsisten dalam melakukan sesuatu. keterampilan penguatan ini
bisa dilakukan secara verbal maupun nonverbal dimana penguatan verbal adalah
penguatan yang dilakukan secara lisan sementara itu untuk penguatan nonverbal
adalah penguatan yang dilakukan melalui gerakan tubuh mimik dan juga sebagainya
4.
keterampilan menjelaskan
keterampilan menjelaskan ini adalah keterampilan seorang guru untuk
menyampaikan materi pada peserta didik. kegiatan menjelaskan dalam kegiatan
pembelajaran ini bertujuan untuk membantu siswa memahami berbagai konsep hukum
prosedur dan sebagainya secara objektif .Kemudian untuk membimbing siswa
memahami pertanyaan meningkatkan keterlibatan siswa memberikan siswa kesempatan
untuk menghayati proses penalaran serta memperoleh balikan tentang pemahaman siswa.
5.
mengadakan variasi
keterampilan mengadakan variasi ini tampilan guru dalam mengajar dengan
berbagai variasi untuk menarik perhatian peserta didik variasi dalam proses
pembelajaran meliputi tiga aspek yaitu variasi dalam gaya mengajar lalu variasi
dalam menggunakan media dan bahan pengajar serta variasi dalam interaksi antara
guru dengan siswa
6.
keterampilan mengajar kelompok kecil dan juga
perorangan
bentuk pengajaran ini ialah berjumlah terbatas biasanya berkisar antara
tiga sampai delapan orang untuk kelompok kecil dan seorang untuk perseorangan
pengajaran kelompok kecil dan perseorangan memungkinkan guru memberikan
perhatian terhadap setiap siswa serta terjadinya hubungan yang lebih akrab
antara guru dan siswa dan siswa dengan siswa setiap guru dapat menciptakan
format pengorganisasian siswa untuk kegiatan pembelajaran kelompok kecil dan
perorangan sesuai dengan tujuan topik ataupun materi kemudian kebutuhan siswa
serta waktu dan fasilitas yang tersedia.
7.
mengelola kelas
pengelolaan kelas adalah keterampilan guru untuk menciptakan dan
memelihara kondisi belajar yang sangat optimal dan mengembalikannya bila
gangguan dalam proses belajar mengajar Misalnya saja saat siswa berbicara
sendiri didalam kelas guru berusaha memfokuskan kembali perhatian siswa kepada
guru nah mengelola kelas ini merupakan tugas wajib bagi seorang guru kondusif
tidaknya proses pembelajaran ditentukan dengan Bagaimana cara guru mengelola
kelas tersebut itulah mengapa untuk mengelola kelas dibutuhkan suatu
keterampilan
8.
keterampilan membimbing kelompok kecil
membimbing
diskusi kelompok kecil diskusi kelompok adalah suatu proses yang teratur yang
melibatkan sekelompok orang dalam interaksi tatap muka yang digunakan pada
proses pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas berfikir anak contohnya
Baiklah ibu akan membagi anak Ibu jadi beberapa kelompok ya setiap kelompok
terdiri dari empat orang
No comments:
Post a Comment